Telusuri foto ide dan desain seputar rumah minimalis sederhana dan modern di blog ini. Temukan ide rumah minimalis terbaik dalam gaya kesukaan anda.

5 Ide Interior Ruang Tamu Sederhana

Pada kesempatan ini Digit Inspirasi berbagi ide interior ruang tamu sederhana bagi para pembaca yang beraliran sederhana atau minimalis. Seperti yang dijelaskan dalam postingan yang berjudul 5 Ide Desain Ruang Tamu Sederhana, ruang tamu bisa dibilang salah satu ruang terpenting di rumah Anda. Mungkin tempat keluarga Anda berkumpul di malam hari, tempat Anda beristirahat pada hari Sabtu sore, dan tempat tamu Anda pertama kali mengistirahatkan mata saat memasuki rumah. 

Wajar jika ruang tamu Anda terlihat dan terasa yang terbaik. Tetapi walaupun mendekorasi ulang sebuah ruangan selalu merupakan proses yang mengasyikkan, ia juga dapat berubah menjadi lubang uang yang serius dengan cepat jika Anda tidak memprioritaskan dan memaksimalkan apa yang sudah Anda miliki.

Jika ruang tamu Anda terasa sedikit tidak menarik dan terasa monoton tetapi tidak selalu punya kemampuan untuk mendesain ulang secara penuh, ada banyak cara mudah untuk mengubah ruang tamu tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang. Hal tersebut bisa Anda lakukan semudah memindahkan beberapa perabot atau dengan menambahkankannya permadani. Ingin melakukan perubahan instan terhadap ruang tamu Anda? Berikut adalah 5 ide interior ruang tamu sederhana yang pada dasarnya gratis untuk Anda coba.

1. Mengubah Tata Letak

Mengubah Tata Letak Ruang Tamu
Terkadang, yang perlu Anda lakukan untuk membuat ruang tamu Anda terasa segar kembali adalah dengan mengganti tata letaknya. Jika furnitur Anda biasanya diletakkan lebih dekat ke dinding? Coba letakkan benda tersebut ke tengah ruangan. Apakah ada terlalu banyak ruang di antara pengaturan tempat duduk Anda? Pertimbangkan untuk membagi ruang Anda menjadi beberapa zona sesuai kebutuhan Anda.

2. Mengubah Tampilan

Mengubah Tampilan Ruang Tamu
Tata letak klasik di ruang tamu adalah memposisikan sofa menghadap TV, tapi bagaimana jika sofa menghadap ke jendela atau menghadap ke sofa lainnya? Pertimbangkan bagaimana Anda menggunakan ruang tamu dan mengatur sofa dengan cara yang paling masuk akal untuk Anda.


Beberapa bantal lantai dapat membuat ruang terasa santai dan berlapis. Jika Anda merasa ruang tamu Anda hanya membutuhkan sedikit tekstur, cobalah menggunakan satu atau dua buah bantal lantai. Cara tersebut tidak hanya sekedar untuk menambahkan penyimpanan tambahan namun akan memberikan tampilan lebih menarik bagi Anda dan tamu.


3. Atur Kembali Tirai Anda

Atur Kembali Tirai Ruang Tamu Anda
Apakah gorden Anda digantung tepat di bawah langit-langit dan lebar di luar tepi jendela Anda? Jika tidak, pertimbangkan untuk menurunkannya dan menggantungnya kembali. Menempatkan gorden Anda setinggi dan selebar mungkin akan membuat jendela Anda terlihat lebih besar dan memungkinkan lebih banyak cahaya alami memasuki ruangan. Teknik sederhana ini dapat membuat ruang tamu Anda berkesan lebih mahal secara instan.

4. Tambahkan Barang Antik

Tambahkan-barang-antik-di-ruang-tamu-Anda
Terkadang, Anda hanya perlu satu barang antik untuk memberi ruang baru pada karakter kecil. Apakah Anda menemukan koleksi kolektor di 1stDibs atau menjelajahi toko vintage lokal Anda untuk sesuatu yang unik, sepotong dengan sedikit usia dan patina akan membuat ruang Anda terasa lebih dikumpulkan dan elegan.

5. Gunakan Pengulangan Warna

Gunakan Pengulangan Warna di ruang tamu Anda

Dalam dunia dekorasi, terdapat banyak kekuatan dalam pengulangan. Ini berlaku bukan hanya untuk warna, tetapi juga bentuk. Jika Anda memiliki satu atau dua warna dominan di ruang tamu Anda, coba ulangi dalam berbagai item yang ada di seluruh ruangan. Misalnya, sebuah ruang tamu yang dilengkapi dengan warna sofa dari kulit berwarna cokelat dan warna biru dari bantal dapat diulangi di seluruh aksesori lain seperti lampu dan bangku.

Keseluruhan ide yang dituliskan dalam postingan ini tidaklah mengikat Anda dalam mendesain kembali interior ruang tamu Anda. Dalam realisasinya, Anda dapat bersikap flexibel dan lebih kreatif lagi agar sesuai dengan kondisi ruangan yang Anda miliki.

back to top