Telusuri foto ide dan desain seputar rumah minimalis sederhana dan modern di blog ini. Temukan ide rumah minimalis terbaik dalam gaya kesukaan anda.

Denah Rumah Minimalis Tipe 36

Kali ini kita membahas tentang denah rumah minimalis tipe 36.  Rumah Minimalis Tipe 36 hampir merupakan pilihan banyak orang mengingat ketersediaan lahan akhir-akhir ini.  Selain ketersediaan lahan yang, keterbatasan dana juga membuat orang lebih memilih untuk meminang rumah minimalis tipe 36.

Mengapa harus ada embel-embel minimalis? Kita seringkali melihat penawaran rumah dalam brosur ataupun spanduk yang memperlihatkan gambar rumah berdesain minimalis. Bahkan sangat jarang kita jumpai desain rumah tipe ini yang tidak berdesain minimalis. 

Secara umum kita ketahui bahwa rumah minimalis adalah rumah yang mempunyai desain yang minimal, umumnya didominasi oleh garis lurus baik vertikal maupun horizontal. Disengaja atau tidak, gaya minimalis pada rumah sangat cocok dengan sebagian besar masyarakat modern yang juga bergaya hidup minimalis.

Denah Rumah Minimalis Tipe 36


Rumah tipe 36 secara teknis dapat dibangun kembali menjadi berlantai dua bahkan lebih sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Banyak teknik yang dapat kita pakai untuk membangun rumah yang berukuran kecil ini agar terlihat lebih luas dan asri dipandang mata.  Tentunya kita harus memperhatikan rancangan pembagian ruang terlebih dahulu agar tidak menghadapi kesulitan seperti pembengkakkan biaya kerja dan sebagainya.

Coba perhatikan denah rumah tipe 36 berikut ini:
Denah Rumah Minimalis Tipe 36

Secara logika kita kesulitan untuk membayangkan bagaimana bisa sebuah rumah kecil tipe 36 yang berdiri di tanah seluas 60 meter persegi bisa memiliki taman di depan dan di bagian dalam rumah.  Denah ini menyediakan tiga buah ruang tidur dan satu dapur yang berdampingan dengan kamar mandi, Ditambah lagi, desain tersebut masih menyediakan "slot" parkiran mobil di bagian samping depan. 

Sebagai contoh lainnya, coba perhatikan rumah tipe 36 yang berdiri di tanah seluas 72 meter persegi berikut ini:

Rumah Minimalis Tipe 36 ukuran 72 meter persegi

Coba perhatikan denah rumah tipe 36 diatas. Secara konsep, denah diatas masih sama dengan denah sebelumnya namun hanya menyediakan dua buah kamar tidur. Pengurangan kamar tersebut terbayar lunas dengan menyisipkan satu taman yang berukuran 12 meter persegi di area belakang. Cukup luas bukan?

Jika anda melihat luas tanah sebelum membangun rumah dengan denah ini, mungkin sulit membayangkan bahwa hasilnya akan maksimal seperti ini. Kambali lagi, semuanya tergantung dari rancangan pembagian ruang yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kesimpulannya, jika anda tertarik untuk membangun rumah minimalis tipe 36, sangat dianjurkan untuk mendesain terlebih dahulu dengan menentukan denah baik dengan melakukannya sendiri atau meminta bantuan konsultan berpengalaman. Namun jika Anda tidak ingin repot dengan hal-hal tersebut, mungkin memilih salah satu rumah yang telah disediakan oleh developor adalah solusi yang tepat.

back to top